Mengenal Nusantara Software Industry

06 Dec Mengenal Nusantara Software Industry

NSI adalah rumah bagi para rekayasawan dan pengembang software Nusantara yang kreatif dan inovatif.   Berbeda dengan perusahaan vendor pada umumnya yang mewakili sebuah brand tertentu.   NSI tidak mewakili siapapun.   NSI mewakili diri sendiri.   NSI menjual teknologi dan produknya sendiri menggunakan brand sendiri.   Bukan sedang bangga diri, tetapi NSI berjuang untuk menjadi kebanggaan Nusantara tercinta.

Resminya, NSI memang baru hadir dengan bendera sendiri (PT Agrisoft) di tahun ini (2010).   Tetapi aktivitas dan karyanya, paket 3 produk zJOS-XDI sudah terbukti sejak Agustus 2004.   Sudah 7 tahun lamanya berjuang membuktikan kualitas karyanya, namun apa daya, seperti banyak dikeluhkan berbagai pihak, kita bangsa Nusantara ini memang belum mendapat tempat di rumah sendiri.   Namun atas berkat rahmat Allah yang Maha Kuasa, NSI diijinkan Allah untuk membuktikan bahwa karyanya memang layak dianggap sebagai produk IT.   Pada tahun 2004, XDI/AutoXfer, produk perdana NSI memenangkan tender di BNI dan berhasil tuntas menggantikan produk bermerek CA-Dispatch dan Xcom yang telah dipakai BNI sejak tahun 2000.

Pada tahun 2008, zJOS/Puspa dan zJOS/Sekar juga memenangkan tender di BNI.  Dalam seminggu sejak dipasang, z/JOS/Sekar sudah terbukti tuntas menggantikan produk bermerek CA-OPS/MVS II, pengelola otomasi (events manager) yang dipakai sejak tahun 2000.   Kini beban zJOS/Sekar bahkan sudah jauh melampaui beban produk asing yang digantikannya.

zJOS/Puspa memang tidak menggantikan siapa-siapa.   Sebelumnya penjadwalan operasi BNI dilakukan manual.   Dalam 2 bulan sejak kehadirannya, 90% lebih beban operasi sistem BNI sudah dijadwal secara otomatik menggunakan zJOS/Puspa.   Kini seluruh beban operasi sudah otomatik.

Dilihat dari produk-produk brand asing pesaingnya, baik zJOS/Sekar maupun zJOS/Puspa termasuk produk kelas menengah ke atas.   Karena “harga pakai”-nya masing-masing tidak kurang dari USD 200,000.   Bahkan ada produk pesaing dari brand tertentu yang di atas USD 300,000.   Hal ini membuktikan bahwa karya NSI bukan karya main-main.   Memang dari tingkat teknologinya, produk-produk automation engine seperti zJOS/Sekar dan zJOS/Puspa tergolong tingkat atas.   Terbukti dari 300 lebih vendor terkemuka kelas dunia, tidak lebih dari 10 vendor yang mampu memproduksinya.   Bahkan untuk platform mainframe hanya ada 4 vendor yang bermain di sektor otomasi, CA, BMC, IBM dan ASG.

Melihat kenyataan di atas, NSI patut bangga.   Kalo sudah mampu bikin pesawat terbang, pasti sangat mampu bikin mobil apalagi sepeda motor.   Sehingga NSI sebenarnya sangat mungkin untuk memproduksi produk-produk saingan apa saja yang ada di pasar.   Insya Allah dalam 2 hingga 3 tahun, NSI bisa membangun sekitar 3 sampai 5 produk lagi yang paling umum dipakai.   Namun masih menunggu saat yang tepat.

Saat ini NSI masih fokus mengkaji bagaimana mendapat keadilan pasar lokal.   Target utama NSI adalah pasar global.   Namun mengingat NSI lahir di Nusantara, dunia yang tidak/kurang dikenal, maka mau tidak mau harus merambat melalui pasar lokal.  Selain mencari nasabah untuk referensi, juga mencari dana untuk mempersiapkan diri meluncur ke pasar regional dan global.   Dalam situasi seperti ini dimana pendapatan amat sangat terbatas karena hanya dari satu nasabah (BNI), sangatlah tidak cukup untuk lepas landas.   Referensinya belum cukup.  Dananya juga sangat tidak cukup.   Semoga Tuhan memberi jalan bagaimana menundukkan pasar lokal yang hingga hari ini masih berpihak pada brand asing.  

Untuk melihat lebih dekat NSI, silakan kunjungi zjosxdi.com.

wpuser
dewi.sekarsari@yahoo.com
No Comments

Post A Comment